Kamis, 01 Desember 2011

Banyak Pilihan Arm Yamaha Scorpio!




 Bisa juga pakai pro arm Honda NSR SP
Yamaha Scorpio termasuk mudah dimodifikasi. Terutama penggantian lengan ayunnya. Sebab memilik rangka model double down tube konvensional yang gampang untuk pemasangan arm variasinya.

“Rangka Scorpio menggunakan lengan ayun tipe A dan bukan tipe H. Dudukan poros arm bukan dijepit macam di Honda Tiger. Tapi, justru menjepit arm,” buka Lusep Sugiharto from Motolab di Jl. KH Mas Mansyur, No. 8, Ps. Bengkok, Tangerang.

Rangka model ini pun memiliki keunggulan ketika pasang arm dari motor gede atau moge. Saat pemasangan limbah, bagian yang dipangkas atau ditambah bushing armnya. Jadinya kekuatan rangka standar dan arm pengganti tetap terjamin.

Sedangkan lengan ayun tipe H macam di Tiger, kadang dudukan poros arm di rangka mesti dipapas atau diganjal bushing. Sehingga bila salah setingan bikin kekuatan dan kestabilannya berkurang.

Alhasil, lengan ayun pengganti untuk Scorpio punya banyak pilihan selain variasi yang mudah didapat. Apalagi lengan ayun limbah motor gede, rata-rata menggunakan model lengan ayun tipe A macam Scorpio.

Contoh Yamaha Scorpio biru milik Daen Maming warga Cipinang Muara, Jakarta Timur, di halaman 7. Menggunakan lengan ayun tipe A limbah moge Suzuki GSX-R1000. Juga ada pilihan lain milik Suzuki GSX-R600 atau Honda CBR600 yang berdimensi lebih kecil.

Selain menggunakan lengan ayun tipe A dari limbah moge, pemilik Scorpio juga bisa pasang pro arm yang digunakan Honda NSR SP. Seperti dilakukan Ridwan Kurniawan, pemilik Scorpio yang ikut di ajang Cuzztomatic 4 di Bandung.

“Cuma berhubung sok asli Honda NSR SP lebih tinggi, peredam kejut asli Scorpio yang lebih pendek tetap dipakai. Selain itu, ubahan hanya dilakukan pada dudukan poros lengan NSR SP untuk menyesuaikan posisinya. Sehingga antara roda dengan rangka dan gir depan-belakang tetap lurus,” imbuh Ridwan yang tinggal di Jl. Saturnus Utara, Bandung.

Kalau terlalu mahal punya moge, bisa menggunakan lengan ayun produk variasi. Seperti merek Pro Performance yang banyak dijual di toko variasi. Harganya pun tak lebih dari Rp 800 ribu untuk menebusnya.

Atau ada juga arm yang diluncurkan Kumis yang dipasarkan Inti Jaya Motor. Bentuknya seperti punya supermoto. Tinggal plek.  (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar