Selasa, 29 November 2011

Kem Hinode Untuk Matik dan Bebek Standar Korek

 


 Sasar pasar bawah
Pemilik motor harian yang mau meningkatkan performa, bisa tengok kem keluaran Hinode ini. Dirancang untuk motor yang masih menggunakan klep standar atau sudah modifikasi dengan klep lebar.

Bisa dipakai di motor standar karena lift dan durasinya tidak ekstrem. “Sehingga bisa menggunakan klep yang posisi sudutnya masih standar,” jelas Irwan, bos Yakuza Motor yang pegang merek Hinode ini.

Untuk motor yang sudah ubah posisi sudut klep apalagi. Sudah pasti bisa adopsi kem yang bisa dikatakan untuk kelas menengah ke bawah ini.

Harganya paling mahal hanya Rp 250 ribu. Tersedia untuk 3 macam motor. Yaitu Yamaha Mio, Jupiter MX 135 dan Jupiter-Z.

Bagi yang tertarik silkan lihat di gerai Yakuza Motor di Jl. Andalas No. 84, Padang, Sumatera Barat. Atau untuk janjian bisa ke teleponnya (0751) 841494.   (motorplus-online.com)

Siap Dibagikan Gratis, Per Kopling RMG Racing



Punya 3 warna yang menentukan tingkat kekerasan per
Produk aftermarket RMG Racing coba bikin komponen baru. Katanya tidak ingin produknya dibilang hanya asal ngomong, siap untuk diuji oleh para mekanik dan komunitas

"Diproduksi karena yakin memang memberikan hasil memuaskan bagi konsumen," kata Susilo dari pihak RMG yang bilang kalau produk pegas ini sekarang sudah tersedia untuk semua tipe motor.

Ada 3 warna yang menentukan tingkat kekerasan per. "Kelir hijau buat yang lembut, pas buat harian. Kuning sedikit keras dan merah untuk kompetisi atau balap liar," terang pria yang mangkal di Rejeki Motor Jl. Hankam Raya No. 32, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Beberapa orang sudah coba per ini mengakui proses perpindahan gigi lebih lancar. "Tapi, jika penasaran siap dibagikan 300 set bagi mekanik atau komunitas yang ingin mencobanya. Jika tidak terbukti boleh protes," tantang pria berlogat Jawa ini. Bagi yang mau beli Rp 85 ribu. Bisa kontak ke (021) 99610433. Lho?  (motorplus-online.com)

Lebih Fresh, Gagah & Beda, Pasang Lampu Byson di Yamaha Scorpio

 


Bentuk lampu Byson memang asyik
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merefresh tampilan motor. Mulai dari customizing sampai coba memanfaatkan part dari motor lain supaya terlihat beda. Salah satu yang acap dilakukan adalah mengganti head lamp.

Misalnya saja bagi para pemilik Yamaha Scorpio. Motor sport ini mempunyai penggemar yang cukup banyak. Tapi, di antara pemilik tadi ada juga yang mengeluhkan bentuknya yang itu-itu saja. Sekarang mari coba trik berikut ini supaya tampilan ‘Kalajeng king 225cc itu berubah.

Topo Goedhel Atmodjo dari bengkel Tauco Custom (TC) coba kasih masukan. "Saat ini sudah ada beberapa pengguna Scorpio yang ganti lampu dengan punya Byson. Hasilnya jauh lebih menarik," yakin Topo.

Pertukaran lampu sesama motor Yamaha ini juga punya nilai plus. Jika ikut contezt tidak akan mengurangi poin karena masih dalam satu merek.

"Selain itu untuk memasang lampu ini gampang sekali. Karena tidak banyak bahan dan material yang dibutuhkan," kata Topo lagi. Baiklah, kita mulai saja.


Dibor untuk ukuran baut 12
Pertama, tentu saja harus membeli lampu Byson terlebih dahulu. "Beli yang satu paket dengan braketnya, kalau tidak salah harganya hanya Rp 400 ribu," ujar modifikator urakan ini.

Berikutnya tentu saja mencopot lampu asli yang nempel du Scorpio. Setelah itu tinggal membuat dudukan baru yang nantinya akan menjadi pegangan si batok lampu Byson tadi.

Dudukan ini dibuat menggunakan pelat besi ketebalan 2mm. "Kemudian pelat dibor sebanyak 4 lubang dengan ukuran baut 12," lanjut pria yang ngebengkel di Jl. Kebagusan Raya, Jakarta Selatan ini.

Setelah itu, tinggal dibautkan antara dudukan tadi dengan motor. "Untuk bagian atas, tinggal dibautkan ke segitiga atas motor," cerita spesialis modif dengan pelat galvanis ini.

Sedangkan pada lubang lagi, lanjut dibautkan dengan braket lampu bawaan Byson. Dengan begitu, batok lampu yang keren tadi sudah bisa langsung nempel di Scorpio.

Urusan selanjutnya tentu masalah jalur kabel. Itulah enaknya menggunakan lampu dari merek yang sama. Warna kabel sama sehingga proses menyatukannya lebih gampang. "Apalagi tinggal menggabungkan soket asli  Scorpio dengan soket bawaan lampu Byson yang dibeli tadi." 

Jika sudah nyambung dan nyala,  pasti akan terlihat beda.  (motorplus-online.com)

Di 2012 Kawasaki Siapkan Ninja 250R Injeksi



Meski belum final, geliat PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menuju standarisasi emisi Euro3 tetap menarik untuk diperbincangkan. Rencananya, Kawasaki bakal menambah motor ber-injeksi lewat Ninja 250R.

"Rencananya tahun depan, semester kedua," beber Reiner Sitorus, Sales Promotion KKD Departmen Head PT KMI.

Di beberapa negara seperti di Eropa, Jepang dan Thailand yang menjadi basic produksi Ninja 250R, varian ini memang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi. Pasalnya negara-negara tersebut sudah lebih dulu berkutat dengan standarisasi Euro3.

Asiknya, upgrade sistem bahan bakar dari karburator ke injeksi ini juga kabarnya bakal dibarengi dengan sedikit penyegaran pada desainnya. Sayangnya belum diketahui seperti apa detailnya.

Begitu juga dengan harganya, pihak KMI mengaku masih belum bisa memperkirakan lonjakan harga yang akan terjadi.

Secara spesifikasi, sebenarnya tidak akan jauh berbeda. Di Thailand, Ninja 250R versi injeksi tetap mengusung mesin dua silinder DOHC 8 klep dan berpendingin air. (motorplus-online.com) 

Kawasaki Tambah Bengkel Khusus Moge dan Outlet



Menjual lebih banyak motor berkapasitas mesin gede, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) berkomitmen menambah jumlah outlet dan fasilitas after sales khusus moge.

"Sekarang ada 25 outlet khusus moge di seluruh Indonesia," buka Reiner Sitorus, Sales Promotion KKD Departmen Head PT KMI. Outlet ini melayani penjualan, service dan menyediakan spare part.

Jumlah ini meningkat dari 12 outlet pada awal peluncuran ZX-6R bulan Juli lalu. "Paling banyak di Jakarta, ada 10 outlet," lanjut Reiner.

Dealer ini berhak menjual karena sudah menyediakan peralatan bengkel dan pelayanan after sales lainnya. "Diantaranya sudah punya alat scanner injeksi," tambah pria ramah ini.

Hingga saat ini, Kawasaki di Indonesia telah memasarkan 3 model moge. Yang pertama adalah supersport Kawasaki ZX-6R. Motor yang juga dipakai oleh M.Fadli di Asia Road Racing Championship ini dibanderol Rp 200 jutaan.

Dan dua yang terakhir adalah moge 650cc dua silinder. Kawasaki ER-6n dan Ninja 650R. Keduanya dilepas Rp 99 juta untuk naked bike ER-6n dan Rp 104 juta untuk Ninja 650R. (motorplus-online.com) 

Lebih Lincah di Perkotaan KTM 690 SMC R



Supermoto andalan KTM, 690 SMC R versi 2012 mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah aplikasi mesin LC4. Bahkan karenanya, kini ada embel-embel "R" di nama belakangnya.

Mesin satu silinder ini memiliki kapasitas ruang bakar bersih hingga 690 cc. Stroke 84,5 mm membuat torsinya makin kuat. Didukung dengan kompresi 12,5:1 torsinya naik dari 64 jadi 68 Nm dan max powernya ada di 66,5 hp.

Supermoto yang dikelir orange-putih ini juga mengalami upgrade pada kaki-kaki. Suspensi depan dari WP, efeknya motor jadi lebih pendek diklaim lebih asik dipakai jalan-jalan di perkotaan.

Mesin mantap dan upgrade kaki-kaki disempurnakan dengan bobot yang tak terlalu berat. Motor ini cuma 139,5 kilogram saja. Jangan khawatir pada lalu lintas padat diperkotaan karena tetap akan mudah dikendarai.

Oiya rem juga diperhatikan, buktinya KTM tetap setia dengan produk Brembo untuk menghentikan laju. Di Eropa, motor ini dilepas 8.695 Euro atau setara Rp 107 jutaan dan mulai dijual masal pada Februari 2012. (motorplus-online.com) 

Butuh Rp 4 Jutaan Modif Spacy Karbu Jadi Injeksi


Pemilik skubek Honda Spacy versi karburator, sah-sah saja mengganti sistem bahan bakarnya dengan injeksi layaknya Spacy PGM-FI. Maklum, Spacy PGM-FI memang menjanjikan beberapa keuntungan.

Diantaranya efisiensi bahan bakar dan tenaga mesin yang lebih merata. Perawatan yang mudah dan emisi udara yang juga lebih bersih.

“Buat yang ingin memodifikasi Spacy karbu menjadi injeksi silakan siapkan dana sekitar Rp 4 jutaan diluar harga pasang,” pungkas Handy Hariko, Senior Manager Technical Service Development, PT Astra Honda Motor (AHM).

Maklum, penggantian komponen tersebut terbilang rumit dan masif. Mulai dari sektor pengapian, kabel bodi, komponen mesin dan tentu saja sistem bahan bakarnya.

Diurut dari sistem pengapiannya komponen yang wajib diganti antara lain magnet dan sepul. Sementara mesin mengalami perbedaan di sistem CVT, dimana versi injeksi nya mengandalkan beberapa komponen dari saudaranya, Honda Vario. Serta desain sekat knalpot dan tutup kipas pendingin anyar.

Nah, rombakan besar-besaran tentu terjadi di sektor sistem pengabut bahan bakar. Sebut saja piranti regulator fuel pump, Electronic Control Modul, throttle bodi, intake manifold dan injector wajib dipasang sebagai pengganti karburator.

Wah, mendingan beli baru! (motorplus-online.com) 

Di Kuartal Pertama 2012 Kawasaki Luncurkan Ninja 150RR Baru!

 


Foto Kawasaki Ninja 150RR dengan fairing baru bakal segera menjadi kenyataan. Pasalnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan mulai memasarkan motor ini di awal 2012 mendatang.

"Ya, awal 2012 motor ini akan kami luncurkan, kuartal pertama," buka Reiner Sitorus, Sales Promotion KKD Departmen Head PT KMI sambil berharap harga jualnya tak terlalu jauh berbeda.

"Belum ada kepastian harga, tapi yang pasti tidak lebih dari Rp 5 juta," harap pria ramah ini. Dari desainnya, fairing baru Ninja 150RR yang meruncing nampak lebih futuristik. Begitu juga dengan speedometer-nya yang dibuat makin berotot.

Tapi untuk kaki-kaki, rangka dan mesin sepertinya minim perubahan, paling mencolok hanya disk brake bergelombang seperti yang dipakai Ninja 250R.

"Mesinnya masih pakai yang lama, performanya masih sangat baik," yakin Reiner. Mesin 2 tak Ninja 150RR punya tenaga 31 Dk di 10.500 rpm. Mesin ini juga dijejali Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System). Perangkat yang mengendalikan katup pada exhaust port.

Blok silinder Ninja 150RR juga mengusung teknologi Super Electrofussion Cylinder yang lebih minim gesekan sekaligus kuat.  (motorplus-online.com)