Senin, 14 November 2011

Piaggio Indonesia Perlancar Distribusi Tak Terpengaruh Banjir


Meski banjir di Thailand sudah mulai surut tapi tetap membuat pabrikan sepeda motor Jepang was-was, pasokan part dari negeri Gajah Putih ini dikhawatirkan tersendat.

Cerita berbeda ada pada PT Piaggio Indonesia (PI), ATPM Piaggio dan Vespa di tanah air ini justru adem ayem. "Buat kita tidak terasa dampaknya," buka Sony Budiwasono, Marketing Manager, PT PI.

"Piaggio dan Vespa dirakit di Vietnam, komponen dari luar Asean lebih banyak didatangkan dari China. Jadi tidak ada masalah," beber pria ramah ini.

Saat ini PT PI malah sudah mulai bisa memperlancar distribusi unitnya ke konsumen di tanah air. Inden Vespa kini bisa lebih cepat. Dalam waktu satu bulan unitnya sudah bisa dibawa pulang.

Begitu juga dengan pengurusan surat-suratnya. "Tiga sampai empat minggu sudah jadi. Tapi kita masih terus usahakan agar semuanya bisa lebih cepat lagi," yakin Sony.

Hingga saat ini PT Piaggio Indonesia memasarkan beberapa varian sepeda motor di Indonesia. Yaitu Vespa LX 150 injeksi, Vespa LX 125, Piaggio ZIP dan Piaggio Liberty. (motorplus-online.com)

Kini Tampil Lebih Padat Berisi KTM Duke 690 Versi 2012


Setelah naked bike gacoan KTM yaitu Duke 125 yang berdesain gagah diterima dengan baik oleh publik, kini pabrikan asal Austria tersebut merombak kakaknya, Duke 690 dengan tampilan yang lebih padat berisi seperti versi mininya.

Yup, Duke 690 sebelumnya memang bertampang nyeleneh dan terlihat cungkring karena desain tangki kecil yang dilengkapi tank shield besar dan buntut tajam yang pipih. Hal ini membuat Duke 690 lawas terlihat seperti crossover antara motocross dan naked bike.

Namun kini, KTM mengklaim telah merombak hingga 90 persen sektor tampilannya. Terlihat jelas dari bentuk headlampnya yang kini tampil sangar dengan desain street fighter seperti Ducati Monster.

Selain itu, perbedaan desain juga ditunjang bentuk tangki yang lebih besar, namun memiliki tank shield yang lebih kecil. Sehingga sasis turbular berbahan molybdenum nya jelas terlihat.  Duke 690 versi 2012 juga tampak lebih berisi berkat desain bodi belakang yang minimalis.

Sedangkan bentuk knalpot yang sebelumnya ada di bawah mesin dengan cover engine guard, kini berpindah ke sebelah kanan tanpa engine guard. Hal ini membuat tampilan Duke 690 versi 2012 lebih berisi. Knalpot ini diakui mampu mengurangi emisi gas CO2.
Sementara mesinnya, KTM mempercayai tipe 690 cc silinder tunggal berpendingin air yang mampu mengeluarkan daya hingga 67 dk. Perbedaan dengan mesin LC4 lawasnya terdapat pada bagian kepala silinder. Mesin tersebut juga dikawinkan dengan transmisi  6-speed model berkopling APTC Anti-hopping.

Duke 690 versi 2012 sendiri telah mendebut di pameran sepeda motor, EICMA 2011 di Milan, Italia. Selain memajang Duke 690, KTM juga mengenalkan produk anyar mereka, KTM Duke 200 yang cukup dinanti di beberapa Negara. (motorplus-online.com)

Skuter BMW C600 Sport dan C650GT, Si Kembar Yang Beda Fungsi


Pabrikan asal Jerman, BMW terlihat gencar mengisi pasar sepeda motor. Setelah sebelumnya menggempur pasar naked bike dengan F800R, kini mereka memasuki segmen skuter besar dengan duet kembar C650GT dan C600 Sport.

Disebut kembar karena keduanya memiliki platform sasis dan mesin yang serupa. Meski demikian, keduanya memiliki peruntukan yang berbeda.

Yup, tipe C650GT memang didesain untuk pecinta turing yang mengutamakan kenyamanan. Ini terlihat dari posisi duduk yang lebih tinggi berkat jok yang ergonomis dan adjustable backrest. Dimensi setang juga lebih lebar ketimbang C600 Sport.

Selain itu, desain fairing dan windscreen juga dibuat lebih tinggi. Enaknya kaca windscreen dilengkapi dengan pengatur sudut elektronik. Sebagai skuter turing, C650GT memiliki kapasitas bagasi yang luas, sehingga bodi belakang tampak lebih besar.

Sedangkan C600 Sport ditujukan bagi penyuka kecepatan dengan tampilannya yang sporty. Dengan aplikasi fairing yang lebih kecil, serta posisi duduk yang agak rendah membuat pengendalian C600 Sport lebih stabil.

Uniknya, BMW mengaplikasi sistem FlexCase pada C600 Sport. Teknologi tersebut mampu menambah kapasitas bagasi dengan fleksible saat parkir. Sehingga, saat FlexCase diaktifkan, volume bagasi C600 Sport nyaris sama dengan versi C650GT.

Anehnya meski pakai nama "600" dan "650" tapi tak ada perbedaan mesin. Keduanya sama-sama dibekali mesin DOHC bervolume 647 cc silinder twin paralel injeksi, berpendingin air. Mesin tersebut mampu menyembur tenaga hingga 60 dk di 7.500 rpm.

Kemampuan kedua motor yang dibekali transmisi CVT juga cukup mengesankan. C600 Sport dapat melaju dari 0-100 km cukup 7,3 detik, sedangkan C650GT dengan 7,5 detik. Maklum, bobot versi turing tersebut memang lebih berat 13 kg dari tipe sportnya. Namun top speed yang diraih keduanya diklaim sama, yakni 175 km/jam.

Kedua model ini juga sama-sama memakai pelek berukuran 15 inci dengan ban berukuran 120/70 depan dan 160/60 belakang. Sistem rem juga mengaplikasi sistem ABS dengan cakram ganda di depan, dan single disc di belakang.

Mantab! (motorplus-online.com)

Piaggio Indonesia Jajaki Fly 2012


Piaggio Zip terbaru sudah dirilis di pameran akbar EICMA, Milan Italia. Pertanyaan selanjutnya tinggal, mungkin atau tidak skubek ini dijual di Indonesia?

Apalagi PT Piaggio Indonesia (PI) sedang getol-getolnya memasarkan produk-produknya di Indonesia. "Kita masih jajaki untuk kemungkinannya," buka Sony Budiwasono, Marketing Manager PT PI.

Tapi tentunya masih menunggu kepastian di pabrik perakitan di Vietnam. "Karena untuk memproduksi model baru butuh banyak persiapan," aku Sony ketika ditemui hari Jumat lalu.

Piaggio Fly terbaru hadir dengan restyling yang lebih elegan. Sekilas bentuknya malah jadi mirip sang kakak Piaggio Liberty.
Bodi belakangnya kini dibuat tidak terlalu gendut. Begitu juga dengan desain lampu dan beberapa ornamen kecil juga didesain lebih meruncing.

Menariknya, untuk pijakan kaki disediakan dua tingkat. Di dek bawah dan satu lagi untuk pengendara yang mau selonjor bisa letakan kakinya agak naik.

Siaran berita dari Piaggio yang diterima redaksi menyebutkan bahwa varian ini akan dijual dalam tiga pilihan mesin 4 tak. 50 cc, 125 cc dan 150 cc.

Tertarik? (motorplus-online.com) 

Skubek Roda Tiga Dari Peugeot, Metropolis 400i


Pasar motor roda tiga di daratan Eropa sepertinya bakal makin digemari. Salah satu nilai jualnya adalah keamanan yang lebih terjamin. Dengan dua roda di depan, kemungkinan tergelincir jadi makin kecil.

Hal ini dibuktikan dengan bergabungnya Peugeot dipanasnya persaingan skubek gambot beroda tiga dengan Metropolis 400i. Skubek yang dipamerkan di EICMA, Italia ini dipastikan akan bersaing dengan Piaggio Mp3 atau Gilera fuoco

Pabrikan Perancis yang lebih tenar sebagai produsen mobil ini akan menggunakan mesin 400 cc baru. Mesin yang dilengkapi dengan injeksi bahan bakar dan radiator ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 35 Hp dan torsi mencapai 38 Nm.

Meski ukurannya gambot, Peugeot percaya sang Metropolis mampu ngebut hingga 150 km/jam. Sedang stabilitasnya dipastikan tak jauh berbeda dengan Piaggio Mp3. Untuk pengereman, dikawal tiga buat disk brake, ada satu di masing-masing roda.

Untuk kenyamanan disediakan pula windshield yang bisa diatur ketinggiannya. Joknya yang tebal memiliki penyangga pinggang berukuran sedang, lumayan bikin enggak cepat pegal.

Bagasi di bawah joknya luas dan mampu menyimpan helm full face. Kalau masih kurang, silahkan manfaatkan konsol di bawah setang dan bagasi di bodi belakang. Oiya, Peugeot juga menyediakan charger untuk handphone di bagasinya. (motorplus-online.com)