Rabu, 16 November 2011

Setara Trail 125 cc 2 tak, KTM Kenalkan Motocross Listrik Freeride E!


Selain ingin dikenal sebagai produsen motocross bermesin bensin, KTM juga ingin membuktikan kemajuan teknologinya dengan mengenalkan sebuah motocross bertenaga listik berjuluk Freeride E di ajang EICMA 2011.

Proyek ini merupakan tantangan bagi KTM, karena sebelumnya banyak pihak yang menyangsikan kemampuan trail listrik. Pasalnya tenaga dan torsi motor listrik diklaim tak akan kuat dipakai beraksi layaknya motocross dengan mesin bensin, selain itu masalah durabilitasnya masih diragukan.

Freeride E sendiri menampilkan sosok yang persis dengan versi bensinnya, yakni  KTM 350 Freeride. Hal ini terlihat dari bentuk bodi dan tangki yang pipih. Semakin identik, livery putih dengan sasis dan decal oranye juga tersemat pada versi listrik ini.

Eits, bukan hanya tampang, kemampuannya beratraksi juga mengagumkan. Maklum Freeide E mengandalkan motor elektrik bertenaga 29 dk, dengan torsi 42 Nm. Kemampuan tersebut diklaim setara dengan mesin 2-tak 125 cc. Tentunya Freeride E bebas emisi udara.

Perpaduan sasis ringan dari baja dan alumunium-nya juga membuat bobotnya susut. Motor ini diklaim hanya 95 kilogram saja, lebih ringan dari motor bebek di Indonesia.

Roda 21 inci di depan dan 18 inci di belakang dikawal dengan suspensi adjustable. Kompresi dan redamannya bisa disesuaikan, bahkan diklaim sudah siap turun balap.

Stefan Pierer, dari KTM Sportmotorcycle AG, menjelaskan. "KTM Freeride dibutuhkan untuk langkah  besar dalam dunia motor masa depan. Dengan kemampuan siap balap yang berpadu dengan sumber tenaga bebas emisi, Freeride E menjadi perspektif baru dalam dunia motorcross,” ungkapnya. (motorplus-online.com)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar