Jumat, 20 Januari 2012

Kunci Kontak Yamaha Mio Rusak? Bisa Pakai Imitasi



Pengalaman kurang berkenan dialami Tisna Wimarna di Yamaha Mio lansiran 2007 miliknya. Ketika posisi parkir di kantornya, motor pun dilakukan ke mode kunci setang. Tentu agar timbul rasa aman dari gangguan Si Tangan Panjang ketika ditinggal bekerja.

Tapi, ketika ingin menon-aktifkan kunci setang lagi, tak ada respon yang diberikan. “Sudah diputar-putar pun, tak ada reaksi,” ungkap pria yang tinggal di Pondok Aren, Tangerang, Banten ini.

Akhirnya, motor ditinggal dalam posisi terkunci setang. Hal yang sama, juga dirasakan Herry Axl di Yamaha Mio miliknya. “Potensi kerusakan ini bisa disebabkan karena motor yang digeser-geser secara paksa ketika masih dalam posisi dikunci setang,” ujar Kuswanto dari bengkel M2M di Jl. Akses UI, Depok, Jawa Barat.

Agar motor bisa berjalan, akhirnya panel kunci kontak yang nempel di sasis kudu dibuka seluruhnya. Setelah ditelusuri, ada kerusakan di bagian dalam panel. Tepatnya rumah piston pendorong pengunci, pecah.

Di pacuan milik Tisna, part berbentuk kotak dengan celah di bagian tengah ini pecah dan terbagi menjadi 4 bagian. Jika part ini rusak, sobat kudu ganti keseluruhan kunci panel kontak.

Misalnya di Yamaha Mio, part ini dijual Rp 140 ribu dan termasuk kunci jok. Tapi, Kuswanto punya sedikit solusi. “Bisa manfaatkan rumah piston milik panel kontak imitasi buat Mio yang dijual di pasaran. Diambil rumah pistonnya saja, jadi panel kontak tetap pakai asli,” sarannya.

Tapi, tentunya material atau kekuatan part imitasi akan berbeda dengan part orisinal lho. Karena harga panel kontak keseluruhan yang ditawarkan part imitasi, cuma Rp 40 ribuan.

Cara penggantiannya mudah! Pertama, buka dua sekrup penutup panel belakang kontak pakai obeng kembang. Setelah itu, sejajarkan tuas dengan celah lubang di piston. Lalu, tarik keluar piston.

Usai piston terbuka, tinggal pasang part itu di panel kunci kontak yang lama. Kemudian, pasang lagi panel kunci kontak di sasis. “Selain buat Mio, rumah piston ini juga bisa dipakai di Yamaha Jupiter,” tutup Kuswanto. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar